Indahnya Lintasan Gayo Lues

Minggu, 7 Desember 2014 - 19:34 WIB | Story | Dilihat: 1.424 kali
  • Petani di kawasan pengunungan Singgah Mata.
Next
Previous

Panorama alam yang berjejer rapi di sepanjang lintasan Gayo Lues menawarkan keindahan yang tak terkirakan. Sepanjang mata memandang, hamparan perbukitan yang dipenuhi pepohonan nan-hijau, aneka satwa yang terlihat selintas membuat perjalanan tak membosankan, walau jalanan dipenuhi tanjakan dan kelokan tajam.

Negeri Seribu Bukit ini yang masuk dalam Kawasan Ekositem Leuser (KEL) dan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) menyimpan sejuta pesona. Aneka satwa dilindungi, air terjun yang membelah bebatuan atau para petani yang menanam sere wangi, jagung atau lainnya yang digalakkan oleh Bupati Ibnu Hasim terlihat jelas di sepanjang jalan.

Kawasan ini yang sebagian masih perawan sebenarnya dapat berkembang pesat, jika 14 jalur lintas tengah rampung dibangun. Para wisatawan lokal dari wilayah pesisir, baik timur, barat-selatan atau juga Banda Aceh akan beramai-ramai datang untuk menikmati keindahan alam, atau manisnya jagung yang dipetik para petani.

Semoga, mimpi indah warga lintas tengah Aceh segera terwujud, jalanan mulus seperti wilayah barat-selatan atau pesisir timur. Komitmen Pemerintah Aceh yang memprioritaskan pembangunan wilayah tengah untuk membuka kawasan isolasi harus terus didukung dan dikawal. Sehingga, keterbukaan wilayah makin mengukuhkan persatuan dan kesatuan rakyat Negeri Serambi Mekkah ini.

FOTO : SERAMBI INDONESIA/BUDI FATRIA
TEKS : SERAMBI INDONEASI/ M NUR