Menjajal Ombak Laut Simeulue

Selasa, 15 September 2015 - 20:39 WIB | Story | Dilihat: 1.006 kali
Next
Previous

PULAU Simeulue terletak di Samudera Indonesia, sekitar
105 mil laut dari Meulaboh.Aceh Barat. Pulau yang terkenal
dengan hasil cengkeh ini dapat dijangkau menggunakan kapal motor penyeberangan (KMP) dengan waktu tempuh sekitar 3,5 jam dari Labuhanhaji, Aceh Selatan. Jika melalui udara, Pulau Simeuetu dapat ditempuh dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Blangbintang, Aceh Besar atau Bandara Kuala Namu, Sumatera Utara.

Pulau Simeulue terkenal dengan ombaknya yang menakjubkan. Maka tak berlebihan jika Simeuleu dikenal sebagai surganya bagi peselancar, baik lokal maupun wisatawan asing. Gulungan ombak dengan ketinggian
bervariasi dan air lautnya yang jernih menambah daya tarik
bagi banyak peselancar. Apalagi, taksemua pantai di Aceh memiliki ombak setinggi laut Simeuleu yang berlangsung hampir sepanjang tahun.

Setidaknya ada delapan spot atau lokasi pantai berombak yang bisa dijajal dan diburupeselancar untuk mendapat sensasi berbeda menyalurkanhobinya dengan nyaman. Yaitu Pantai Alus-alus, Nancala,
Matanurung Busung, Salur, La’ayon, Pulau Mincau, Pulau Teupah, dan Pulau Batu Berlayar. Semua pantai tersebut memiliki karakteristik dan ketinggian ombak yang berbeda mulai 3 sampai 5 meter.

Di beberapa lokasi seperti Alus-alus dan Nancala, terdapat beberapa surf camp (tempat tinggal para peselancar) milik penduduksetempat. Bahkan beberapa surf camp di Simeulue telah dikelola secara profesional oleh warga negara asing.

FOTO DAN TEKS:
SERAMBI/M ANSHAR

Fotografer: M Anshar

TAGs: / / / /